Wednesday, November 4, 2015

GUNUNG ANDONG :KEINDAHAN YANG TAK TERDUGA

Salam Travellers..


Pada kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Gunung Andong. Ya, Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang berada di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Magelang. Lokasi gunung ini berdampingan dengan Gunung Telomoyo dan berada di perbatasan antara Salatiga, Semarang serta Magelang. Gunung Andong memiliki ketinggian 1.463 mdpl (meter diatas permukaan laut). Gunung ini belum pernah memiliki aktifitas meletus dalam sejarahnya.

Mendaki gunung memang sudah menjadi salah satu hobi saya. Sampai tulisan ini ditulis, Alhamdulillah saya sudah pernah menikmati beberapa gunung yang ada di Indonesia tercinta ini. Beberapa gunung yang pernah saya daki adalah Gunung Rinjani (Lombok, NTB), Gunung Semeru (Malang, Jatim), Gunung Lawu (Magetan, Jatim), Gunung Penanggungan (Mojokerto, Jatim), Gunung Merbabu (Salatiga, Jateng), Gunung Ijen (Banyuwangi, Jatim), Gunung Bromo (Malang, Jatim) dan Gunung Andong (Magelang, Jateng).


Perjalanan Waktu itu saya ditemani oleh teman-teman saya yaitu Anggi, Nuari "item", Boni dan Rumi. Kami berlima berangkat dari rumah Nuari "item" di Kartosuro, Solo dengan mengendarai motor. Untuk sampai ke basecamp pendakian Gunung andong, kami memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Kebetulan memang bro Anggi dan bro "item" ini sudah hafal jalan untuk bisa sampai di lokasi basecamp.


Kenapa saya memilih untruk menikmati keindahan Gunung Andong kala itu? Sebenarnya sih saya dan teman-teman saya (Anggi, Nuari "item", Boni dan Rumi) sudah merencanakan untuk mendaki Gunung Merapi atau Gunung Sumbing sebagai pilihan. Namun, karena ada alasan tertentu maka kami memutuskan untuk mendaki Gunung Andong saja, yang notabene merupakan gunung yang tidak terlalu tinggi. hanya 1 jam perjalanan yang kita tempuh dari basecamp hingga puncak gunung Andong ini. Tapi jangan salah ya kawan, meskipun tidak terlalu tinggi, gunung ini menawarkan keindahan yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

Saya waktu itu berfikir Gunung ini keindahannya biasa saja, yang penting bisa tidur tarik-tarikan selimut sama temen-temen, bisa masak mie instan dan kopi di atas gunung, juga bisa merasakan bersujud "berbisik" dengan tanah disaat berada dekat dengan langit. hehehe Ternyata pikiran saya salah, gunung ini sangat-sangat indah. Saya beruntung bisa dapetin "Golden Sunrise" yang sangat indah, juga bisa menikmati jutaan bintang yang bersinar terang di malam ketika itu. View dari Puncak Gunung Andong pun tidak bisa dipandang sebelah mata, sangatlah indah.

Yang belum kesana, nggak usah lama-lama mikir, berangkat aja, nikmati sensasinya. wkwkwk Namun, temen-temen juga harus memperhatikan waktu (musim) untuk kesana maupun gunung-gunung lainnya. Karena naik gunung di musim hujan, lebih banyak resikonya di banding musim kemarau. Bukan hanya trek yang menjadi licin, juga suhu yang menjadi lebih dingin di kala hujan, belum kalau ada hujan badai. Satu lagi yang harus diperhatikan ketika naik gunung, persiapkan segalanya dengan matang baik itu logistik (makan minum) juga peralatan untuk camping (jika ingin bermalam) dan tentunya fisik yang prima dibutuhkan dalam pendakian. Jika tidak begitu suka dengan keramaian, hindari week end untuk mendaki. Karena pasti sangat ramai.

Cukup sekian yang bisa saya bagi ke temen-temen. Semoga bisa menjadikan referensi liburan bagi temen-temen. Jangan lupa bahagia..wkwkwk Selanjutnya, biar foto yang menjelaskan keindahan gunung ini.

bersama sahabat
TIPS :
  •  persiapkan segalanya dengan matang (fisik, logistik, peralatan)
  •  hindari mendaki di musim hujan (lebih beresiko)
  •  perhatikan keselamatan ketika mendaki
  •  bawa kamera (biar nggak dibilang hoax) wkwkwk

FASILITAS YANG TERSEDIA :
  • basecamp pendakian (tempat parkir, toilet)
  • warung di puncak gunung Andong 
 PENTING :
  • bawa kembali sampah anda (jaga kelastarian alam)
  • jangan coret-coret di bebatuan ataupun tempat lainnya di gunung
    (no vandalism)

bersantai menikmati indahnya Gunung Andong
keindahan gunung Andong tidak diragukan lagi

kita serasa dekat dengan langit

INI INDONESIA TERCINTA


Gilar Purwa Gautama
Fb : Gilar Purwa Gautama
Twitter : @gilarpurwa
IG : gilarpurwagautama
Youtube : Gilar Purwa Gautama

No comments:

Post a Comment